LAPORAN
KEGIATAN
PRAKERIND
(PRAKTIK KERJA
INDUSTRI)
PRIODE JANUARI-APRIL 2015
DISUSUN OLEH:
NAMA :
NO.INDOK :
BIDANG KEAHLIAN : TEKNOLOGI INFORMATIKA DAN
KOMONIKASI
PROGRAM KEAHLIAN : TEHNIK KOMPUTAR DAN JARINGAN
NAMA DU/DI : AIKMEL KOMPUTER
YAYASAN PENDIDIKAN PONDOK
PESANTREN SYAIKH ZAINUDDIN NAHDATUL WATHAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
NAHDATUL WATHAN
SMK NW ANJANI
STATUS TRAKREDITASI “B” NOMOR :000354
IJIN OPRASIONAL :Dinas P dan K Kab. Lombok Timur No. 188.45/2026/PK.IV/2005
Alamat : Jln.Raya Mataram.Lb,Lombok Anjani Kec.suralaga Lombok Timur NTB
telp./fox.0376.631645 hp. 08175730206
HALAMAN
PENGESAHAN
LAPORAN
KEGIATAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
SMK
NW ANJANI
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
NAMA :
NO.INDOK :
KELAS :
XI (SEBELAS)
BIDANG
KEAHLIAN : TEKNOLOGI
INFORMATIKA DAN KOMONIKASI
PROGRAM
KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN
JARIGAN
NAMA DU/DI :AIKMEL KOMPUTER
ANJANI, APRIL 2015
MENGESAHKAN:
GURU PEMBIMBING LAPANGAN PEMBINA
DU/DI
MENGETAHUI :
KEPALA SEKOLAH POKJA
PRAKERIND
PERSETUJUAN
KETUA
JURUSAN DAN GURU PEMBIMBING
Laporan prakerin
oleh:............................................... pada DU/DI
AIKMEL KOMPUTER
jl............... telah memenuhi syarat dan disetujui untuk diuji :
Ketua Jurusan TIK Guru
Pembimbing lapangan
(Kajur) (
GPL)
M. KHAERUL HADI, S.Kom ABDUL HAYYI, S.KOM
Megetahui
Kepala
sekolah Pokja
Prakerin
Motto:
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat tuhan yang maha Esa atas petunjuk, Rahmat, dan
hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan pelaksanaan peraktek kerja
Industri (PRAKERIND)tanpa ada halagan apapun sesui dengan waktun yang telah
ditentukan . Laporan ini disusun berdasarkan pengalaman dan ilmu yang saya
peroleh selama melaksanakan praktek kerja Industri (PRAKERIND).
Laporan
plaksanaan praktek kerja Industri (PRAKERIND) yang telah saya tulis ini dibuat
dalam rangka memenuhi tugas dari sekolah dan sebagai bahan pertanggung jawaban
atas kegiatan praktik kerja industri (PRAKERIND) Di dunia usaha dan industri
(DU/DI). Saya menyadari bahwa laporan ini tidakakan tersusun dengan baik tanpa
adanya bantuan dari pihak-pihak terkait. Oleh karena itu, pada kesampatan ini
tidak lupa saya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah
membantu saya dalam PERAKERIN maupun dalam saya menyusan laporan ini, antara
lain:
Ucapan terimakasih yang
sebesar-besarnya kami sampaikan kepada:
1. Bapak
Husni Mubaroq,QH.,M.Pd.I selaku kelapa SMK NW Anjani
2. Bapak
Abdul Hayyi,s.kom selaku pembibing di vena media teck yang telah bersedia
membantu kami dalam melaksanakan kegiatan PRAKERIND.
3. Bapak
Wahyu Permadi selaku pembimbing dan maneger servis pada DU/DI Aikmel Komputer
yang talah bersedia menerima kami untuk melaksanakan Praktik kerja industri
(PRAKERIND) dan telah membantu kami dalam melaksanakan kegiatan PRAKERIND.
4. Orang
tua yang selalu setia mendorong dan memotivasi selama penyusunan Laporan
praktik kerja industri (PRAKERIND).
5. Teman-teman
yang setia membantu dalam penyusunan Laporan praktik kerja industri (PRAKERIND)
ini.
6. Dan
semua pihak yang telah ikut serta memberikan bantuan dan dorongan dalam proses
penyelesaiyan laporan ini.
Saya
sadar bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan
saran yang membangun sagat saya harapkan, dami kesempurnaan laporan ini. Akhir
kata saya mohon maaf yang seikhlas-ikhlasnya apabila dalam lapooran ini banyak
kesalahan. Semoga bermafaat bagi saya sendiri dan bagi pembaca. Amin
Anjani, April 2015
Penyusun
PERNYATAAN
KEASLIAN LAPORAN
Yang
bertandatangan di bawah ini :
NAMA :
NO.INDOK :
KELAS :
XI (SEBELAS)
BIDANG
KEAHLIAN : TEKNOLOGI
INFORMATIKA DAN KOMONIKASI
PROGRAM
KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN
JARIGAN
NAMA DU/DI :AIKMEL KOMPUTER
Menyakakandengan
sebenar-benarnya bahwa laporan kegiatan praktik kerja Industri (PRAKERIND) pada
vena media teck denga alamat Jln. Raya mataram – Lb. Lombok Desa Apitaik
Kecamatan pringgabaya Lombok Timur adalah asli merupakan susunan saya sendiri.
Apabila
dikemudian hari ternyata dan terbukti Laporan ini tidak asli atau merupakan
jiplakan atau saduran, maka saya bersedia dikenakan sanksi akedemik sesui
ketentuan hukum yang berlaku.
Ajani,
April 2015
Yang membuat pernyataan
DAPTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL .............................................................................
HALAMAN
PENGESAHAN ............................................................................. ii
HALAMAN
PERSETUJUAN ............................................................................. iii
HALAMAN
MOTO ............................................................................. iv
KATA
PENGANTAR
............................................................................. v
PERNYATAAN
KEASLIAN ............................................................................. vi
DAPTAR
ISI
............................................................................. vii
BAB
1 PENDAHULUAN
A.
Latar blakang ............................................................................. 1
B.
Maksud dan tujuan
............................................................................. 2
C.
Tempat dan waktu prakerind ............................................................................. 3
BAB
II LAPORAN KEGIATAN
A.
Profil DU/DI ............................................................................. 4
B.
Plaksanaan Kegiatan di DU/DI ............................................................................. 5
C.
Laporan Hasil kegiatan ............................................................................. 6
D.
Faktor pendukung dan penghambat ............................................................................. 9
BAB
V PENUTUP
A.
Kesimpulan ............................................................................ 10
B.
Saran-saran ............................................................................. 10
C.
Kesan dan pesan ............................................................................. 11
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Perlu
disadari bahwa sampai pada saat ini lulusan SMK belum dapat diserap langsung
oleh pihak dunia asaha maupun industri. Secara kasat mata terbukti hampir
setiap dunia/industri ketika merekrut tenaga kerja lulusan SMK masih menerapkan
pendidikan dan pelatihan bagi yang telah lolos seleksi penerimaan karyawan
rata-rata 3 (tiga) bulan. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan yang di miliki
lulusan SMK belum diakui oleh pihak dunia usaha/industri.
Jika
kita kaji secaraa seksa, kita tidakdapat menyalahkan pihak dunia usaha/industri.
Memang pada kenyataannya masih banyak SMK yang sangat minim pralatan praktik.
Sehingga peseta diklat yang harusnya porsi,ada beberapa SMK yang tidak memiliki
sama sekali peralatan praktik, dalam pelaksanaan peserta diklat hanya dapat
beragam-agam dengan teori sa tidak dengan peralatan kenyataan yang sebenarnya.
SMK
yang peralatan praktik cukup memedai, belum tentu peralatan itu sesui dengan
yang ada di industri/usaha. Sekarang peralatan di dunia usaha/industri sudah
serba otomatis sedangkan peralatan yang ada di SMK-SMK masih manual. Sehingga
pelaksanaan praktik hanya mengenal peralatan yang ada, kurang memperhatikan
kebutuhan di dunia industri/usaha, itupun tidaksemuanya dapat memampaatkan secara
maksimal.
Sesui
dengan hasil pengamatan dan peniletian Direktorat pendidikan menengah kejuruan,
pola penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan sebagai mana yang di
harapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusef
untuk menghasilkan tenaga kerja yang profesional, karena keahlian profesional
seseorang tidak semata-mata di ukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan
teknik bekerja, tetapi harus di lengkapi dengan penguasaan kiat bekerja yang
baik.Penggunaaan unsur ilmu pengetahuan dan teknik bekerja dapat di pelajari di
sekolah, namun untuk kiat adalah sesuatu yang tidak dapat di ajarkan tetapi
harus di kuasai melalui pembiasaan dan internasional.
Untuk
kiat yang menjadi faktor utama penentu kadar keahlian profesional seseorang,
hanya dapat di kuasai melalui cara mengerjakan pekerjaan padabidang profesi itu
sendiri. Karena itulah tubuh suatu aturan keahlian profesional berdasarkan
jumlah pengalaman kerja.
Mata
diklat praktik kejujuran yang di sajikan di sekolah biarpun menggunakan
peralatan yang lengkap dan modern, pada dasarnya hanya mampu menajikan proses
dan situasi peniruan, karena bukan situasi yang sesungguhnya, oleh karena itu
sulit di harapkan untuk mampu memberikan keahlian sebagaimana yang di harapkan.
B. MAKSUD
DAN TUJUAN
1. MAKSUD
PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
Adapun maksud dilaksanakannya praktik kerja industri
(prakerin) adalah:
a.
Membentuk kemampuan siswa sebagai bkal
untuk memesuki lpagan kerja.
b.
Sebagai pengalaman melatih diri dengan
mengkaji konsep-konsep yang di dapat selama
pendidikan sehingga terbiasa dengan lapangan kerja.
c.
Memperluas dan memantapkan proses
pemantepan teknologi baru dari lapangan kerja ke sekolah maupun sebaliknya.
d.
Diharapkan hasil penulisan ini nantinya
dapat memberikan sumbangan pemikiran kepada perusahaan/industri dalam mengambil
dalam kebijakan dimasa yang akan datang.
e.
Memantapkan sikap profesional yang di
perlukan siswa dalam memasuki dunia kerjasesui denan bidangnya.
2. TUJUAN
PELAKSANAAN PRAKERIN
Adapun tujuan plaksanaan kegiatan prakerin
untuk :
a.
Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian
profesional yaitu tenaga kerjayang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan
dan etos kerja yang sesui dengan tuntutan lapangan kerja.
b.
Memperkokoh kerja samaantara sekolah
dengan dunia kerja.
c.
Meningkatkan efisiensi proses pendidikan
dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional.
d.
Memberikan pengakuan dan penghargaan
terhadap pengalaman kerjasebagai bagian dari proses pendidikan.
e.
Siswa mampu memahami, memantapkan dan
mengembangkan pelajaran yang didapatkan di sekolah dan di terapkan pada dunia
usaha.
f.
Menambah pengalaman dan pengetahuan
siswa dalam melaksanakan prakerin.
Berikut
tujuan penyusunan laporan setelah melaksanakan praktik kerja indutri (PRAKERIN)
adalah :
1. Untuk
mengetahui perkembangan siswaselama mengikuti praktik kerja industri.
2. Sebagai
pertanggung jawap atas tugas yang di berikan sekolah kepada para siswa
sehubungan dengan plaksanaan PRAKERIN.
3. Menambah
perbendaharaan perpustakaan sekolah dan sebagai pengetahuan bagi siswa angkatan
selanjutnya.
4. Sebagai
latihan bagi siswa dalam membuat sebuah laporan kegiatan.
5. Sebagai
bukti bhwa siswa telah melakukan praktik yang di lkukan di DU/DI (Dunia
Indutri).
6. Sebagai
syarat mengikuti Ujian Nasional. Untuk mengetahui perkembangan siswa selama
mengikuti praktik di dunia Usaha/Industri.
C.
TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN PRAKERIN
1. Adapun
penempatan ataupun lokasi praktik kerja industri salahsatunya Vena computer
yang beralamat di Jl . Raya Apitaik jurusan mataram deasa Apitaik kecamatan
Pringgabaya Lombok Timur.
2. Waktu
plaksanaan praktik kerja industri atau praktik untuk SMK NW ANJANI adalah 4
bulan yaitu mulai tanggal 09 janwari sampai dengan tanggal 05 april 2015.
BAB II
LAPORAN KEGIATAN
A.PROFIL
DU/DI
1. LATAR
BELAKANG VENA COMPUTER
Dunia
usaha akhir-akhir ini semakin marak dan dinamika laju usaha pun semakin pesat
seiring dengan perubahan waktu dan zaman, serta tingkat kemajuan teknologi yang
semakin canggih. Apitaik sebagai salah satu wilayah yang sudah “tua” di wilayah
kecamatan Pringgabaya pun tidak mau ketinggalan melihat pesat dan kemajuan
teknologi. Hal ini dibuktikan dengan merebaknya dunia usaha yang ada di wilayah
ini baik dibidang perdagangan maupun dibidang jasa. Dibidang perdagangan dapat
kita saksikan di sepanjang jalur Apitaik pertokoan-pertokoan yang tidak kalah
ramai dengan wilayah disekitarnya. Dibidang jasa dibuktikan pula banyaknya
layanan jasa yang ditawarkan oleh Apitaik kepada masyarakat sekitarnya, baik
masyarakat yang berprofesi sebagai
petani, buruh maupun pegawai dan karyawan di instansi pemerintah dan swasta.
Dalam
tulisan ini penulis hanya mengambil sampel pada dunia usaha dan jasa yang saat
ini sedang mengalami perkembangan meskipun banyak hal yang menjadi tantangan
dan hambatan yang dihadapi yaitu “VENA COMPUTER”.
VENA
COMPUTER, sebagaimana kita lihat dari namanya, dimana kata COMPUTER menunjukkan
bahwa usaha ini sudah tentu bergelut
dibidang pelayanan jasa. VENA COMPUTER yang terletak/berlokasi di
Apitaik merupakan perpanjangan usaha dari jasa Vena Computer yang berlokasi di Mataram dengan kata lain
menulis cerita tentang Vena Computer yang berlokasi di Apitaik, maka kita tidak
bisa melapaskan diri dengan Vena Computer yang pertama kali dibuka di Mataram,
dimana pemilik usaha ini adalah sama, yaitu Bapak I GUSTI NGURAH PATRAHARDI.
Bapak
I.Gusti Ngurah Patrahardi merupakan seorang pemilik usaha yang sudah lama
menggeluti dunia usaha sejenis, diawali dengan membuka serta menerima rental
dan pengetikan dilanjutkan dengan menerima barang-barang service, dan penjualan
barang-barang computer.
Vena
Computer yang berlokasi di Apitaik dilingkupi oleh dunia pendidikan. Hal ini
dapat kita lihat disekitar lokasi terdapat instansi pemerintahan dan pendidikan
yang memungkinkan usaha ini akan mengalami perkembangan didukung oleh pemilik
usaha ini sudah lama dikenal masyarakat sekitar sebagai seorang teknisi
dibidang Komputer.
2.LOKASI VENA COMPUTER
Seperti
telah dikemukakan di atas bahwa Vena computer berlokasi diwilayah Desa Apitaik
kecamatan Pringgabaya, tepatnya beralamat di belakang SDN 1 Apitaik
Kec.Pringgabaya Lotim. Vena Computer
berada di tengah-tengah perkampungan masyarakat Apitaik serta tidak jauh
dari jalan Negara. Meskipun begitu Vena Computer tetap banyak dikunjungi oleh
pelanggan-pelanggan setianya, apalagi sebelum berdirinya usaha ini di wilayah
Apitaik sudah banyak yang datang ke tempat ini
untuk memperbaki computer yang rusak.
3. VISI DAN MISI
VISI :
Meningkatkan
keterampilan teknis, membangun kemandirian dan profesionalisme.
Misi :
-
Menyelenggarakan
kegiatan dan kursus-kursus
-
Mengadakan
pelatihan-pelatihan keterampilan life skill
-
Membangun
kreatifitas peserta kursus agar menjadi terampil dan mandiri
-
Mengembangkan
kemampuan peserta didik melalui pengenalan ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni
-
Menumbuhkan
sikap kemandirian dan profesionalisme
B.
PLAKSANAAN KEGIATAN DI DU/DI
#.PEMASANGAN
CPU
- Melakukan
pemeriksaan pada CPU
- Meletakkan
CPU pada meja dan memasang monitornya.
- Melakukan
pemasangan perangkat PC seperti mouse,keyboard,dll.
-
Menghidupkan computer apakah sudah dapat dipakai dengan baik.
-
Memperhatikan seluruh prangkat computer dapat di gunakan dengan baik.
-
Mengganti apabila ada perangkat yang rusak.
-
Melakukan restart ulang computer setelah diganti,jika tadi rusak.
Setelah restar mencoba kembali apakah
computer dapat digunaka
C. LAPORAN HASIL KEGIATAN DI DU/DI
Laporan
kegiatan secara bersekala:
TANGGAL/THN
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
|
MULAI
|
SELSE
|
||
09
Januari-15 Januari
2015
|
08:00
|
12:00
|
1. Perkenalan komponen-komponen
pada mother board
2. Membongkar perinter
3. Megenalisa kerusakan pada
printer
4. Mengenalisa lektop acer yang
tidak mau muncul tampilannya/bleng
5. Mengatasi pan tidakmau hidup
|
16
Januari-22 Januari
2015
|
08:00
|
12:00
|
1. Perkenalan komponen-komponen
pada mother board
2. Mengecek mother board apakah
dia masih hidup atau mati
3. Intalasi OS
4. Intalasi driver
5. Istalasi standaruntuk so
6. Merakit CPU
7. Menguji komponen pc
8. Mengenalisa keyboard yang rusak
9. Mengenalisa perangkat keras
perinter
|
TANGGAL/THN
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
|
MULAI
|
SELSE
|
||
23
Januari- 29 Januari
2015
|
08:00
|
12:00
|
1. Intalasi OS menggunakan CD
2. Istalasi driver
3. Istalasi standar untuk so
4. Mengenalisa CD ROM
5. Mengenalisa monitor yang
berkedip-kedip
6. Intalasi OS
7. Istalasi driver
8. Istalasi standar untuk so
9. Mengenalisa lektop tidakmau
merestar atau tidakmau masuk windos
10. Men-test RAM
11. Merakit PC
|
TANGGAL/THN
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
|
MULAI
|
SELSE
|
||
30
Januari- 06 Pebruwari
2015
|
08:00
|
12:00
|
1. Mengenalisa CPU (tidakmau
nampil ke monitor)
2. Intalasi OS
3. Istalasi driver
4. Materi jaringan
5. Sering antar lektop
|
07
Pebruwari-13 febrowari 2015
|
08:00
|
12:00
|
1. Intalasi OS
2. Intalasi driver
3. Mengenalisa jamber pada mother
board dan CD ROM
4. Intalasi OS
5. Mengenalisa lektop
6. Materi
7. Mengenalisa bateri cemos
|
TANGGAL/THN
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
|
MULAI
|
SELSE
|
||
14
Pebruwari-20febrowari 2015
|
08:00
|
12:00
|
1.
Membuat
kabal jaringan LAN menggunakan kabal RJ45
2.
Sering
antar lektop
3.
Mengenalisa
LAN yang tidakmau sering dan tidakmau muncul LANnya
4.
Materi
|
TANGGAL/THN
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
|
MULAI
|
SELSE
|
||
21
Pebruwari-27febrowari 2015
|
08:00
|
12:00
|
1. Materi
2. Intalasi OS
3. Intalasi 0s
|
10
Maret-16 Maret
2015
|
08:00
|
12:00
|
1. Materi
2. Menyeting acces poin
|
TANGGAL/THN
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
|
MULAI
|
SELSE
|
||
17
Maret-23 Maret
2015
|
08:00
|
12:00
|
1.
Menyeting
acces poin
2.
Mengenalisa
lektop accer yang tidakmau masuk windos
|
TANGGAL/THN
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
|
MULAI
|
SELSE
|
||
24
Maret-27 Maret
2015
|
08:00
|
12:00
|
1. Memberi pengaman pada acces
poin
2. Mengganti ip addres pada acces
poin
3. Mengganti user name dan paswot
pada acces poiu
|
30
Maret-06 April
2015
|
08:00
|
12:00
|
1. Intalasi OS
2. Sering menggunakan kabel
3. Sering antar lektop tanpa kabel
|
D.FAKTOR PEDUKUNG DAN PENGHAMBAT
Baik yang diadakan di dalam (inter) maupun yang di luar (ekstern) maka
tak akan lepas dari segala faktor baik penghambat ataupun pendukungnya, karena
bagaimanapun juga kedua hal tersebut akan selalu ditemukan dan di hadapi.
Faktor pendukung
a. Fasilitas
ataupun peralatan untuk blajar ada.
b. Bimbingan
kepada peserta prakerin baikdari pihak sekolah maupun dari pihak
industri/perusahaan sangat penuh perhatian.
Faktorpenghambat
a. Fasilitas
yang disediakan terbatas
b. Tempat
perakerin sangat jauh
c. Cuaca
tidak bersahabat
BAB III
PENUTUP
A.KESIMPULAN
Setelah
pelaksanaan proses serta intraksi dengan proyek produksi kegiatan prakerin,
maka penulis dapat menyimpulkan beberapa hal antara lain:
1. Kegiatan
prakerin merupakan kegiatan yang positif bagi siswa sekolah menengah kejuruan
(SMK) karena dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kompotensi siswa.
2.Kegiatan prakerin merupakan kesempatan yangsangat
memberikan ruang kepada siswa SMK untuk mengembangkan kemampuan sesui dengan
kompotensi masing-masing.
3.Kegiatan perakerin memberikan kesempatan yang
seluas-luasnya bagi siswa SMK untuk menunjukkan kemampuannya pada duni industri
atau perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja yang kompeten di bidang teknologi
imformasi.
4.Kegiatan prakerin merupakan media promosi
kemampuan siswa SMK sebagai tenaga kerja yang matang dalam menyongsong dunia
kerja.
B.SARAN-SARAN
Setelah
melaksanakan proses pembuatan laporan prakerin, maka penyusun mempunyai
beberapa saran yang igin di sampaikan kepada pihak sekolah dan industri selaku
p[ihak yang terkait langsung dengan pelaksanaan kegiatan prakerin, antaralai
sebagai berikut:
1. Kegiatan melaksanakan perakerin ini
merupakan kegiatan yang positif bagi semua pihak baik untuk mengembangkan
kemampuan individu maupun sebagai sarana untuk menilai sejauh mana keberhasilan
sekolah dalam menyiapkan siswanya untuk di terjunkan ke dunia keja, sehingga
perlu di tingkatkan baik dari segi struktual maupun operasional.
2.Sekolah
hendaknyamembekali ilmuan-ilmuan dasar yang banyak di aplikasikan di dunia
industri sehingga pada saat siswa melaksanakan kegiatan prakerin, siswa tidak
banyak mengahadapi kendala yang berhubungan dengan materi akademis, yang pada
ken yataan siswa masih di bingungkan dengan masalah yang di hadapi di dunia
usaha.
3.Sekolah
hendaknya memperbanyak frekuwensi bimbingan dan pengawasan kegiatan perakerin.
4. Sekolah hendaknya merencanakan program tidak
lanjut dari kegiatan perakerin sebagai media promosi kemampuan dan kompotensi
siswa.
C. KESAN DAN PESAN
Kesan dan pesan saya selama perakerin
di VENA COMPUTER adalah :
A. Kesan:
Selama saya prakerin di VENA
COMPUTER ini kesan saya adalah :
1.
Perpisahan bukan akhir dari segalanya tapi awal dari segalanya, perjuangan kita
masih panjang.
2.selama
sanya prakerin di VENA COMPUTER ini saya telah memperoleh banyak ilmu
bermanfaat yang di sekolahbelum sayadapat seperti:
a).Menyeting
acces poin
b).memperbaiki
laptop/trouble shooting
B.Pesan
Selama saya prakerin di VENA COMPUTER
ini pesan saya adalah:
1.Semoga terjalin hubugan yang baikdan
damai antara pimpinan DU/DI dengan pembimbing,karyawan dan staf-staf VENA
COMPUTER denga siswa prakerin.
2.Semoga SMK NW ANJANI ini dapat
mengembangkan ilmu yang lebih banyak lagi untuk para siswa PRAKERIN yang akan
datang.
3. Semoga VENA COMPUTER semakin
maju dan banyak siswa prakerin yang igin prakerin di VENA COMPUTER ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar